Sejarah Android dan Perkembangan Hingga Sekarang yang Terbaru • Tips Aplikasi Android

Hosting Unlimited Indonesia

Sejarah Android dan Perkembangan Hingga Sekarang yang Terbaru

Sejarah Android dan Perkembangan Hingga Sekarang yang Terbaru –  Dewasa ini ponsel pintar berbasis android telah menjadi kebutuhan umum seluruh masyarakat.

Kebutuhan manusia akan smartphone kian meningkat, mengingat semakin berkembangnya teknologi informasi dari tahun ke tahun.

Android sendiri menjadi salah satu ponsel pilihan paling populer. Android banyak dipilih mengingat harganya yang lebih ekonomis serta dilengkapi fitur bermanfaat yang dapat mendukung kebutuhan pengguna.

Sistim operasi Android sendiri adalah os dengan basis Linux yang ditanamkan pada gadget seperti tablet dan juga smartphone. Android juga sengaja dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti smartphone dan tablet.

Menilik sejarah android dan perkembangan hingga sekarang, akan menjadi bahasan yang sangat menarik.
Sejarah android dan perkembangan hingga sekarang dimulai sejak Android, Inc. Kemudian memulai pengembangan yang lebih besar setelah Google membelinya tahun 2005.

Akhirnya tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance (yakni konsorsium perusahaan perangkat lunak, perangkat keras dan juga telekomunikasi yang bertujuan menerapkan open standard untuk perangkat seluler.

Mengenal Sejarah Android dan Perkembangan Hingga Sekarang
Sebagai pengguna android, mempelajari sejarah android bukan hanya bisa menambah pengetahuan, namun juga bisa memberikan kemudahan untuk menggunakan perangkat cerdas anda, karena bisa menyesuaikan versi android dengan aplikasi-aplikasi eksternal yang anda butuhkan tanpa harus bertanya kesana kemari.

Berikut sejarah perkembangan versi sitim operasi android dari tahun ke tahun.

Android 1.0 dirilis 23 September 2008. Memiliki keistimewaan bisa menggabungkan kamera, wallpaper dan icon animasi dalam dikelompokkan ke dalam satu folder.

Android 1.1 rilis 9 Februari 2009. Kemampuannya memasukkan attachment ke dalam pesan.

Android 1.5 Cupcake rilis 30 April 2009. Mampu mengintegrasi home screen dan widgets, mampu copy paste pada web browser dan juga untuk memutar dan merekam video.

Android 1.6 Dougnut rilis 15 September 2009. Ditanami quick search box, perbaikan google play store dan perbaikan intergrasi kamera.

Android 2.0-2.1 Eclair rilis 26 Oktober 2009. Fiturnya google map navigator versi beta dan perbaikan browser.

Android 2.2-2.3 Froyo rilis 20 Mei 2010. Bisa membuka Adoble Flash, hotspot portable, dan perbaikan performa android.

Android 2.3-2.3.7 Gingerbread rilis 6 Desember 2010. Perbaikan userface, fitur copy paste, kemampuan input teks yang lebih baik dan dukungan terhadap SIP VOIP serta NFC.

Hosting Unlimited Indonesia

Android 3.0-3.2 Honeycomb rilis 22 Februari 2011. User interface untuk tablet, dan peningkatan fitur multitasking.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich rilis 19 Oktober 2011. Peningkatan kinerja email dan perbaikan input teks.

Android 4.1-4.3 Jelly Bean rilis 9 Juli 2012. Multi user untuk tablet, dukungan openGL, bluetooth smartready dll.

Android 4.4 KitKat 31 Oktober 2013. Performa jauh lebih baik dari versi lawas, mencetak secara nirkabel, auto focus kamera dll.

Android 5.1 Lollipop rilis 3 November 2015. Sejauh ini merupakan yang terbaik dibanding pendahulunya.

Android 5.1 Lollipop

Baca juga:

Sejarah Android dan Perkembangan Hingga Sekarang Sampai Masa Depan
Sistem operasi android akhir-akhir ini kerap dijadikan materi dan bahan penelitian untuk tugas akhir di kalangan akademik dan pengembang (terutama jurusan TI), baik itu untuk teori maupun untuk prakteknya itu sendiri.

Para mahasiswa merancang teorinya lalu mengaplikasikannya pada sebuah perangkat. Dengan perkembangan sepesat ini, maka tak menutup kemungkinan sejarah android dan perkembangannya hingga sekarang sampai masa depan akan menjadi lebih pesat lagi.

Android yang dulunya dikembangkan oleh Anroid Inc, dan saat ini telah berada pada naungan Google sebagai perusahaan terbesar yang paling terkenal dengan mesin pencarinnya itu, tak menutup kemungkinan bahwa Android akan dikembangkan oleh para pakar Google.

Sekian artikel sejarah Android dan perkembangan hingga sekarang yang terbaru semoga bermanfaat untuk kita semua.

Hosting Unlimited Indonesia
Yuk Share ke sosmed -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *