Penyebab Konflik Antara Iphone Dan Samsung • Tips Aplikasi Android

Hosting Unlimited Indonesia

Penyebab Konflik Antara Iphone Dan Samsung

Penyebab Konflik Antara iPhone dan Samsung – Perseteruan terkait hak paten antara dua raksasa teknologi yakni iPhone dan Samsung telah menjadi masalah besar sejak tahun 2011 silam.

Konflik diantara keduanya dimulai pada 15 April 2011 lalu, dimana Apple mengajukan tuntutan hukumnya. Akan tetapi setelah itu Samsung ternyata tidak puas, dan melempar balik tuntutan tersebut. Dari sinilah awal mula perseteruan keduanya.

Seperti kita ketahui bahwa iPhone dan Samsung merupakan vendor raksasa smartphone paling populer. Penyebab konfilk antara IPhone dan Samsung sebenarnya tak lepas dari persaingan bisnis diantara keduanya.

Demikian beberapa penyebab konflik antara iPhone dan Samsung.

Penyebab Konflik Antara Iphone Vs Samsung

1. Apple mengklaim jika Samsung memang secara sengaja sudah menjiplak desain dari iPhone dan iPad, dengan tinjauan poduk pada smartphone Galaxy dan tablet Galaxy Tab.

Untuk membuktikannya Apple menyiapkan daftar paten yang di langgar oleh Samsung, dan kemudian memberikan presentasi grafis untuk menunjukkan perubahan desain ponsel Samsung sebelum dan sesudah kehadiran iPhone.

2. Samsung membantah semua klaim dari Apple, dan kemudian mengatakan kalau industri consumer electronics ini secara rutin mencari inspirasi dari produk-produk yang ada di masa lalu.

3. Samsung juga melakukan presentasi grafisnya sendiri yang di gunakan dalam melawan tuduhan Apple serta menunjukkan kalau perusahaan tersebut juga pernah membuat mock-up ponsel dengan menggunakan full touch interface sebelum iPhone tersebut memasuki pasar.

Samsung kemudian mengatakan bahwa Apple telah melanggar sejumlah paten miliknya terkait dengan penggunaan teknologi yang ada di ponsel.

4. Apple meminta kepada Samsung untuk mengganti rugi senilai 2,52 miliar dollar AS, kemudian Samsung juga menuntut untuk pembayaran royalty yaitu sebesar 2,4% dari penjualan setiap produk Apple yang sudah melanggar paten.

Baca juga:

Hosting Unlimited Indonesia

Tidak berhenti sampai disitu, persidangan kasus sengketa hak kekayaan Intelektual di Negara Amerika Serikat menyatakan kalau Samsung harus membayar uang kepada Apple sebesar US $1.05 miliar atau bekisar 9,5 triliun atau lebih.

Sembilan juri yang ada di persidangan pengadilan federal San Jose, California ini mengatakan kalau sejumlah produk yang dimiliki oleh Samsung sudah melanggar paten dari design dan juga perangkat lunak yang sebelumnya sudah dimiliki oleh Apple.

Juri memutuskan bahwa menolak klaim dari Samsung yang mengatakan kalau produk mereka itu tidak melanggar paten dari produk milik Apple.

Sebelumnya dari sembilan juri tersebut sudah mempelajari kurang lebih sekitar 700 pertanyaan terkait dengan klaim atas pelarangan kekayaan dan Intelektual yang di ajukan oleh kedua perusahaan raksasa tersebut.

Setelah melalui proses peradilan, akhirnya sebagian tuntutan yang diajukan oleh Apple dikabulkan.

Awalnya Apple mengajukan tuntutan kepada Samsung sebesar US $2,5 juta atau sekitar Rp 23,7 triliun lebih kepada Samsung akan tetapi juri hanya mengabulkannya hampir dari setengahnya saja.

Dengan hadirnya kasus tersebut, ada banyak pelajaran yang bisa di petik. Yaitu bahwa masyarakat Internasional harusnya bisa menghargai serta melindungi untuk setiap ketetapan Hak kekayaan Intelektual yang sudah mengikat dalam peraturan hukum.

Kalau saja individu ataupun masyarakat melakukan plagiat/penjiplakan ataupun peniruan dari sebuah teknologi yang telah memiliki hak paten, maka sanksi hukum akan sesegera mungkin untuk menjerat subyek yang sudah melakukan pelanggaran tersebut.

Demikianlah artikel penyebab konflik antara iPhone dan Samsung, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Hosting Unlimited Indonesia
Yuk Share ke sosmed -->

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *