Penyebab Android Lemot dan Cara Mangatasinya • Tips Aplikasi Android

Hosting Unlimited Indonesia

Penyebab Android Lemot dan Cara Mangatasinya

Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya ~ Ponsel Android memang punya banyak pengguna. Harganya yang beragam membuat ponsel Android laris manis di pasaran. Beragam harga dari mulai harga menengah sampai dengan harga premium bisa dengan mudah Anda temukan.

Android Lemot

Namun penggunaan ponsel Android sehari-hari membuat kinerjanya seringkali melambat. Hal itu tentu saja akan membuat Anda jengkel jika Anda sedang sangat membutuhkan kinerja ponsel yang cepat.

Lalu apa saja sebenarnya Penyebab Android Lemot dan Cara Mangatasinya? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Periksa memori yang tersedia

Hapus Cache

Penyebab ponsel Android Anda lemot biasanya karena banyaknya aplikasi yang Anda donwload sehingga ruang penyimpanan ponsel Anda menjadi sedikit. Batas minimal supaya kinerja ponsel Android Anda tidak lemot adalah 20 persen. Jadi misalkan ponsel Android Anda punya memori penyimpanan 8 GB, maka harus ada ruang penyimpanan minimal 1 GB yang tidak terpakai.

Namun bila ternyata ponsel Android Anda sudah hampir penuh memorinya maka Anda bisa melakukan beberapa cara ini:

-Kurangilah jumlah aplikasi yang ada di ponsel Android Anda dengan melakukan unistall aplikasi yang tidak terpakai

-Rajin-rajinlah membersihkan cache dan menghapus junk file. Caranya Anda tinggal masuk ke pengaturan, pilih Storage dan Penyimpanan. Pilih aplikasi yang hendak kamu bersihkan, lalu tekan Cached Files dan klik OK untuk membersihkan

-Sebaiknya tidak usah menggunakan aplikasi yang bertujuan untuk membersihkan junk atau cache file karena malah aplikasi tersebut memenuhi memori dan membuat ponsel Android Anda menurun kinerjanya

-Jangan lupa untuk merapikan file yang punya ukuran memori yang besar. Anda juga bisa memback-up nya ke notebook atau layanan cloud gratis

2. Widget yang berlebihan

Widget Android

Meskipun pemakaian widget biasanya digunakan untuk mempermudah akses ke aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel Android namun sebenarnya widget juga bisa memperlambat kinerja Android Anda jika memasangnya berlebihan.

Hosting Unlimited Indonesia

Bila ponsel Android Anda terpasang lebih dari 3 widget maka dapat sangat mempengaruhi kinerja Android Anda. Apalagi jika widget yang Anda gunakan adalah third party launcher seperti news aggregator Babe. Jadi pilihlah widget yang benar-benar Anda butuhkan, jangan sampai berlebihan.

3. Menggunakan aplikasi launcher

Launcher Android

Apakah Anda salah satu orang yang menggunakan aplikasi launcher? Ya, memang untuk kebutuhan mempercantik tampilan ponsel Android Anda, aplikasi launcher adalah aplikasi yang tepat. Namun sayangnya aplikasi launcher ini adalah salah satu penyebab menurunnya kinerja ponsel Android Anda karena Animation Settingnya tidak sesuai sehingga akan memakan banyak daya dan kapasitas memori ponsel Andorid Anda.

Jadi jika Anda ingin kinerja Android Anda tetap bagus maka pakailah tampilan dan setting dari pabrik saja atau yang basic saja. Selain tidak menyebabkan ponsel Androidmu lemot, memakai tampilan dan setting basic bisa juga menghemat baterai ponsel Android Anda.

4. Kapasitas RAM termakan aplikasi

RAM Android

Setiap Anda menginstal aplikasi, lebih baik selalu periksa kapasitas penyimpanan ponsel Android Anda. Apakah aplikasi yang baru saja Anda install telah mengurangi jatah RAM ponsel Android Anda atau tidak. RAM ini sangat mempengaruhi kenerja Android. Semakin tinggi RAM, maka ponsel Android Anda semakin aman dari yang namanya lemot.

Jadi jika Anda senang bermain game, lebih baik pilihlah ponsel Android yang punya RAM tinggi, paling tidak di atas 1,5 GB. Aplikasi-aplikasi yang bisa dipindahkan ke memori eksternal, maka sebaiknya segera Anda pindahkan agar kinerja ponsel Android Anda tetap stabil.

5. Smartphone jarang di-restart

Restart Android

Jika ponsel Android Anda lemot, cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Restartlah ponsel Android Anda maka kinerjanya akan kembali normal. Atau jika beberapa langkah di atas tidak ada yang berhasil mengembalikan kinerja ponsel Android Anda, maka Anda bisa melakukan restart.

Cara ini paling mudah digunakan dan diaplikasikan. Dengan restart, kinerja smartphone bisa kembali normal. Atau Anda dapat melakukan restart setelah mempraktikan beberapa hal yang telah dijelaskan sebelumnya.

Nah itulah beberapa Penyebab Android Lemot dan Cara Mangatasinya. Semoga bisa membantu.

Hosting Unlimited Indonesia
Yuk Share ke sosmed -->
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *