Pengertian Android dan Kegunaan Lengkap Versinya • Tips Aplikasi Android

Hosting Unlimited Indonesia

Pengertian Android dan Kegunaan Lengkap Versinya

Pengertian Android dan Kegunaan Lengkap Versinya ~ Apakah ada diantara kalian yang masih belum tahu apa sebenarnya Android itu?

Meski sudah lama menggunakannya, mungkin masih ada di antara kalian yang bertanya-tanya apa sebenarnya Android itu?
Android pada dasarnya adalah sistem operasi yang ada pada smartphone, tablet, dan gadget-gadget lainnya. Sistem operasi Android yang digunakan berbasis Linux.

Versi Android

Anda pasti sudah cukup familiar dengan simbol atau logo Android. Ya, Android disimbolkan dengan bentuk robot yang mempunyai 2 antena di kepalanya. Simbol tersebut melambangkan bahwa Android adalah sistem operasi kelas atas untuk berbagai gadget yang ada.

Awal peluncuran Android adalah tahun 2007. Android mengawalinya dengan meluncurkan versi Android yang pertama, yaitu Android Versi 1.1 dan selanjutnya Android selalu mengembangkan versi-versi terbarunya dengan nama-nama makanan yang unik.

Untuk lebih mengenal versi-versi Android, Anda bisa membacanya dalam ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. ANDROID VERSI 1.1

ANDROID VERSI 1.1

Ya, versi Android pertama yang diluncurkan bernama Android Versi 1.1. Android Versi 1.1 ini pertama kali dirilis pada tanggal 9 Maret 2009 oleh Google. Fitur-fitur yang ada pada versi Android ini masih sederhana, namun juga cukup canggih di masanya. Fitur-fitur yang disupport oleh Android versi ini antara lain adalah adanya pembaruan estetis pada:
– Aplikasi
– Jam Alarm
– Voice Search
– Pengiriman Pesan dengan Gmail
– Pemberitahuan Email

2. ANDROID CUPCAKE ( VERSI 1.5 )

ANDROID CUPCAKE

Tak berselang lama, pada Mei 2009, Android meluncurkan versi terbarunya, yaitu Android Cupcake atau versi 1.5. Tentunya versi Android Cupcake ini punya fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan versi Android sebelumnya.
Android Cupcake punya fitur untuk mengupload video ke Youtube ataupun gambar picasa langsung dari ponsel. Pada versi ini, Bluetooth A2DP juga sudah terintegrasi.

3. ANDROID DONUT ( VERSI 1.6 )

ANDROID DONUT

Versi Android selanjutnya adalah Android Donut. Pada versi ini, Android mengembangkan fitur-fitur di dalamnya lebih baik lagi. Seperti pada fitur galeri yang lebih user friendly, mendukung resolusi layar WVGA, Android Market dan Aplikasinya juga ditingkatkan, serta bisa diupgrade ke versi Android Eclair atau versi 2.0/2.1.

4. ANDROID ECLAIR ( VERSI 2.0 / 2.1 )

ANDROID ECLAIR

Tidak hanya mengembangkan fitur-fitur di dalamnya menjadi lebih baik. Namun Android Eclair juga menambahkan fitur google map pada versi ini. Kamera yang ada di ponsel bersistem operasi Android Eclair lebih bagus. Kontak baru juga lebih elegan dan didukung pula Bluetooth 2.1 dengan kecepatan transfer yang lebih cepat dari versi sebelumnya.

5. ANDROID FROZEN YOGURT / FROYO ( VERSI 2.2 )

ANDROID FROZEN YOGURT

Fitur baru yang ada di Android Frozen Yogurt/Froyo atau Versi 2.2 ini adalah kemampuan untuk merekam video HD Quality, MMC/SD Card sudah dimasuki aplikasi, bisa dijadikan hotspot, dan juga mampu mengupdate secara otomatis dalam Android Market.

6. ANDROID GINGERBREAD ( VERSI 2.3 )

ANDROID GINGERBREAD

Adanya fitur user interface hemat energi, keyboard virtual dengan word selection, power management, app control, dan adanya dukungan jumlah kamera lebih dari satu adalah penngembangn yang ada di Android versi Gingerbread.

7. ANDROID HONEYCOMB ( VERSI 3.0 / 3.1 )

ANDROID HONEYCOMB

Hosting Unlimited Indonesia

Untuk versi Android Honeycomb hanya dikhususkan bagi pengguna tablet saja. Tentunya versi ini dirancang agar tablet dapat berjalan dengan kinerja maksimal.

8. ANDROID ICE CREAM SANDWICH / ICS ( VERSI 4.0 )

ANDROID ICE CREAM SANDWICH

Fitur baru pada versi Androide Ice Cream Sandwich adalah bukaan kunci dengan pengenal wajah. Fitur user interfacenya juga lebih halus dan bersih. Terdapat pula beberapa font baru pada versi Android ini.

9. ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.1 )

ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.1 )

Banyak fitur-fitur baru yang tersedia pada versi Android Jelly Bean ini, seperti pencarian dengan menggunakan Voice Search yang lebih cepat, informasi cuaca, lalu lintas, hasil pertandingan olahraga yang cepat dan tepat, serta fitur keyboard virtual yang lebih baik.

10. ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.2 )

ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.2 )

Android Jelly Bean generasi yang selanjutnya ini tentu lebih pintar dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Selain lebih pintar, pada versi ini ada penambahan fitur yang lebih beragam, seperti Notifications, Google Assistant, Face unlock dengan Liveness Check, Barrel Roll, Smart Widget, Google Now, Technologi Project Butter untuk meningkatkan responsifitas yang sangat baik.

Sistem operasi yang cepat dan ringan, Full Chrome browser menjejalah internet menggunakan Google Chrome seperti pada PC.

11. ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.3 )

ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.3 )

Pada Android Jelle Bean versi 4.3 terdapat peningkatan kinerja dan performa dari Android Jelly Bean sebelumnya, seperti teknologi smart bluetooth yang membuat bluetooth aktif tanpa menguras baterai, mendukung Open GL ES 3.0, performa grafis yang lebih bagus dan realistis. kecepatan kinerja yang luar biasa cepat serta grafis memukau atau lebih halus.

12. ANDROID KITKAT ( VERSI 4.4 )

ANDROID KITKAT

Fitur SMS yang bisa langsung terintegrasi dengan aplikasi Hangouts membuat Android Kitkat makin terlihat canggih. Pada Android versi ini, pengguna juga bisa melakukan printing langsung dengan mengirim perintah ke Laptop/PC yang terhubung pada printer karena ada teknologi bernama Could Printing di dalamnya.

Perintah suara dari Google Now juga tak lagi menguras daya baterai. Navigasi dan status bar yang mengalami pembaruan. User interfacenya sangat halus. Bisa mengakses aplikasi kamera dari layar yang terkunci.

13. ANDROID LOLLIPOP (VERSI 5.0)

ANDROID LOLLIPOP

Dan yang terbaru adalah Android Lollipop. Android Lollipon tentu saja lebih canggih di antara versi Android sebelumnya. Banyak fitur baru tersedia disana, antara lain performanya lebih bagus, notifikasi lebih mudah diakses dan dapat dikonfigurasi, dokumen sentris apps, konektifitas bluetooth yang lebih canggih karena low energy, kinerja grafis yang optimal, kualitas audio yang prima, kualitas kamera dan video lebih meningkat, dan baterai lebih tahan lama.

Yap itulah Pengertian Android dan Kegunaan Lengkap Versinya. Semoga menjadi bacaan yang menarik untuk Anda semua.

Hosting Unlimited Indonesia
Yuk Share ke sosmed -->
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *